Tesis

Hubungan kadar Plasminogen Activator Inhibitor Type 1 (PAI-1) dengan luaran pada pasien sepsis anak = The Relationship between Plasminogen Activator Inhibitor type 1 (PAI-1) and clinical outcome in children with sepsis.

Latar belakang: Koagulasi intravaskular diseminata (KID) merupakan komplikasi dari sepsis yang ditandai oleh perdarahan dan trombosis mikrovaskular dan berkaitan erat dengan terjadinya disfungsi organ multipel. KID terjadi akibat ketidakseimbangan antara sistem koagulasi dengan sistem fibrinolisis. Plasminogen activator inhibitor type 1 (PAI-1) merupakan protein fase akut yang berperan penting penekanan sistem fibrinolisis. Peningkatan PAI-1 pada sepsis diketahui memiliki korelasi dengan luaran yang buruk.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kadar PAI-1 dengan kejadian KID dan kematian pada pasien sepsis anak.
Metode: Penelitian analitik prospektif dilakukan pada 35 subjek sepsis yang dirawat di PICU, Instalasi Gawat Darurat serta Ruang perawatan anak RS Cipto Mangunkusumo antara bulan Januari-April 2015. Pengukuran kadar PAI-1 dilakukan pada hari pertama dan keempat sejak sepsis ditegakkan. Pemeriksaan profil koagulasi sistemik dilakukan pada hari keempat sepsis. Diagnosis KID overt menggunakan skor KID berdasarkan International Society of Thrombosis and Haemostasis. Subjek diikuti sampai hari ke 28 perawatan untuk menilai luaran kematian. Hasil: Kadar PAI-1 lebih tinggi secara bermakna pada sepsis berat. Terdapat perbedaan yang bermakna antara kadar PAI-1 hari keempat dengan hari pertama pada KID non overt (95,25 (SB 46,57) ng/mL vs 60,36 (SB 37,31) ng/mL, p=

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Kania Adhyanisitha - Nama Orang
Hardiono D. Pusponegoro - Nama Orang
Antonius Hocky Pudjiadi - Nama Orang

No. Panggil
T 15 135 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiv, 51 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15135FKT15135FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan kadar Plasminogen Activator Inhibitor Type 1 (PAI-1) dengan luaran pada pasien sepsis anak = The Relationship between Plasminogen Activator Inhibitor type 1 (PAI-1) and clinical outcome in children with sepsis.

Related Collection